Server Hosting

Panduan Memilih Webhosting Sesuai Kebutuhan Anda

Bingung iklan Webhosting Menawarkan Layanannya di Wall FB atau IG Anda ?

Apalagi semuanya menawarkan layanan yang  terbaik ?

Kalau anda menjawab “IYA” berarti penjelasan dibawah ini nanti mungkin berguna untuk Anda baca sehingga anda bisa memilih Jasa Webhosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  Atau bahkan mungkin anda yang sama sekali belum tahu apapun itu tentang Webhosting akhirnya menjadi faham.

I. Apa itu Webhosting ?

Merujuk dari wikipedia secara lebih mudah webhosting adalah Jasa Layanan di internet yang menyewakan space/ruang media penyimpan berupa (saat ini berkembang teknnilogi SSD, Hardisk SCSI, Hardisk IDE) untuk disewakan kepada individu atau organisasi untuk menempatkan informasi berupa HTTP, EMAIL, FTP dan DNS.

Secara mudah untuk memahaminya bisa dianalogikan dalam dunia properti,  webhosting  adalah tanahnya, Website adalah Bangunan  diatas tanah dan Domain adalah alamat rumah dimana posisi properti itu berada.  Jadi, Gambarannya apabila anda ingin memiliki Website seperti website infowebhosting.net ini maka yang Anda butuhkan Adalah

1. Nama Domain, misalkan : detik.com, jawapos.com, republika.co.id, tazkiyatuna.com, dll

2. Hosting (biasanya diberikan berupa alamat IP address  dan akses berupa username dan password ke alamat tersebut. Namun apabila anda membeli dilayanan domain dan hosting satu paket domain dan hostingnya, biasanya secara otomatis anda bisa mengakses alamat hostingnya langsung lewat domain tentu saja ketika anda sudah membayar ke jasa layanan hosting/domainnya)

II. Aneka Pilihan Jenis Hosting

Nah, tahap berikutnya adalah Anda harus faham dan tahu jenis hosting yang nantinya anda gunakan. Disini nanti juga kami sarankan beberapa pilihan hosting yang cocok untuk keperluan anda. Baik,  untuk Layanan Hosting ada beberapa macam ditinjau dari sisi Resources yang digunakan :

Shared Hosting

Shared Hosting  artinya Resources Hosting dipake secara bersama (sharing). Jadi apabila Anda menggunakan layanan shared hosting ini dipastikan punya banyak teman didalam satu server alias satu server dipakai bareng-bareng dengan sesama pemakai shared hosting lainnya.

Oh…tetapi jangan apriori dulu ya, alias pesimis meskipun shared hosting tetap bisa cepat diakses dan stabil kok. Yang perlu diperhatikan  bagi Anda yang menggunakan layanan shared hosting ini adalah kebutuhan website atau aplikasi yang akan anda onlinekan, apabila dirasa anda hanya website biasa atau blog yang masih awal, insya Allah cukup.  Hampir 75% saya pribadi juga menggunakan layanan shared hosting ini dan alhamdulillah lancar-lancar saja, bahkan dengan trafik kunjungan website sampai 1000 views.

Jadi, bagi anda yang masih pemula  sesuaikan kebutuhan anda dengan budget. Saran saya, shared hosting ini tetapkan menjadi pilihan utama. Toh, kalau sudah semakin besar kebutuhan anda tinggal upgrade saja ke layanan yang lebih besar.

Dan , jangan lupa meskipun anda pilih shared hosting, jangan pilih yang murahan ya…! Di artikel selanjutnya saya akan membahas bagaimana memilih shared hosting yang bagus dan ramah dikantor, alias murah tapi bukan murahan..!

Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah jenis hosting yang menggunakan teknologi Cloud/Komputasi Awan. Maksudnya disini teknologi Cloud ini menggabungkan beberapa server dari lokasi yang berbeda ( berbeda lokasi dan bahkan juga berbeda negara ) akan tetapi seolah-olah ada dalam satu Server. Hal inilah yang menjadikan cloud hosting terbukti lebih aman karena jika satu server tidak bekerja maka server lain akan menggantikan.

Mudah-mudahan sedikit ilustrasi infograph diatas bisa sedikit menggambarkan bagaimana teknologi Cloud bekerja.  Atau apabila masih bingung, berikut video ilustrasi yang bisa menggambarkan secara gamblang

Jadi, bisa dipastikan cloud hosting ini jelas lebih baik daripada shared hosting dan tentunya jelas lebih mahal. Bagi Anda yang sudah memiliki bisnsis yang sudah mapan, Cloud hosting ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang membutuhkan resources server yang bisa diupgrade sewaktu-waktu dan website atau situs yang selalu berkembang seperti pada website ecommerce atau toko online yang semakin hari semakin ramai, bisa menggunakan layanan jenis ini.

VPS (Virtual Private Server)

VPS atau  Virtual Private Server adalah teknologi pembagian Sebuah Server Fisik menjadi beberapa Mini Server namun dalam bentuk Virtual.  Jadi ibarat Komputer  maka 1 Komputer Fisik bisa dibuat menjadi 5-10 Komputer. Dalam Konsep virtualisasi mirip dengan shared hosting di mana satu komputer server dapat memiliki beberapa situs yang berjalan di atasnya. Namun, teknologi virtualisasi memungkinkan setiap account harus diperlakukan sebagai mesin sendiri dengan sumber daya sendiri yang  dan sistem operasi yang independen.

Secara mudah bisa digambarkan VPS ini ibarat toko-toko yang ada di dalam Mall. Mall adalah rumahnya atau server Fisiknya sedangkan toko-toko ini meskipun berdiri sendiri tetapi tetapi tergantung secara fisik kepada Mall mulai lokasi toko, listrik dan fasilitas yang lainnya. Begitu juga dengan VPS dia akan sangat tergantung dengan Server Fisik yang menaunginya.

VPS biasanya digunakan oleh institusi atau perorangan yang membutuhkan dedicated server atau server fisik namun secara harga tidak mampu menyewa server sendiri.  Sehingga menggunakan teknologi VPS ini. Di sisi lain, VPS hosting dapat menjamin sumber daya yang tersedia dengan menggunakan teknologi virtualisasi dengan stabil dan sedikit atau tidak ada fluktuasi resources yang tersedia.

Jadi, saran saya kalau anda UKM yang sedang berkembang dan butuh server sendiri tetapi dana masih belum mencukupi bisa menggunakan VPS ini.

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting adalah layanan webhosting untuk server mandiri.  Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan Dedicated hosting maka bisa menanyakan kepada Penyedia Layanan Hosting ketersediaan Servernya, mengingat layanan Dedicated Server ini memang secara fisik harus ada Server yang siap digunakan dan umumnya tidak setiap saat ready stok.  Dengan layanan ini anda dapat menggunakan sever dan sumber daya yang ada sesuai dengan kemauan sendiri seakan-akan pelanggan tersebut memiliki server tersebut.

Rack Server pada Colocation dan Dedicated Server

Selain adanya ketersediaan stok oleh pihak penyedia layanan hosting, dedicated hosting ini jelas memiliki spesifikasi yang beraneka ragam. Mulai dari spesifikasi yang standart untuk server sampai spesifikasi server yang paling tinggi. Anda bisa menanyakan kepada provider hosting tentang ketersediaan stok dan spesifikasi secara lebih spesifik, tentu saja tetap memperhatikan kebutuhan dan budget Anda.

Colocation Hosting

Colocation Hosting adalah layanan penyediaan fasilitas data center dan bandwidth ke pihak layanan oleh penyedia hosting di data center. Sedikit beda tipis dengan Dedicated Server, dimana untuk dedicated server maka server disediakan oleh pihak layanan hosting sedangkan untuk Colocation Hosting, server disediakan sendiri oleh pihak penyewa.

Layanan Colocation Server ini termasuk layanan hosting yang paling mahal, mengingat penyewa menyediakan server sendiri. Lazimnya pihak yang menggunakan layanan ini pada umumnya adalah Perusahaan Besar atau instansi pemerintah yang memiliki Server dengan spesifikasi khusus dan biasanya tidak dimiliki oleh pihak penyedia layanan hosting atau data center.

Nah, sudah faham yaaa?  Singkatnya dilihat dari resources Server,  beberapa layanan diatas bisa menjadi gambaran bagi Anda yang ingin memilih layanan Server yang cocok bagi Anda.

Tahapan berikutnya setelah anda memilih layanan Hosting yang anda gunaka, kemudian ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan manakala menyewa layanan hosting .  Apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut ini

III. Memilih Layanan Webhosting

Nah, sudah membaca aneka jenis layanan hosting diatas?  Sekarang  tinggal anda memilih jenis hosting yang sesuai untuk kebutuhan anda.  Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih jenis layanan webhosting anda, antara lain :

  • Jenis Kebutuhan

Saya juga bingung mau menuliskan istilah yang benar, intinya yang dimaksud Jenis Kebutuhan disini adalah seberapa penting webhosting dan website anda itu nanti untuk kebutuhan anda baik untuk bisnis atau pekerjaan utama anda

Contoh 1 : Anda memiliki bisnis offline yang sudah berjalan kemudian karena kepengen bianget scale up maka Anda membutuhkan ecommerce untuk jualan Online juga. Maka ini termasuk kebutuhan yang mendesak dan penting bagi kelangsungan bisnis anda apalagi sudah banyak keluhan bisnis offline semakin sepi. Maka investasikan betul ecommerce anda salah satunya dengan memilih jenis hosting paling baik, seperti cloud hosting sampai ke dedicated server, tinggal dari sisi pendanaan anda bisa menyesuaikan kebutuhan dengan budgetnya

Contoh 2 :  Ada temen anda baru memulai merintis usaha, dia memutuskan untuk membuat toko online untuk memulai usahanya. Saya sarankan untuk usaha awal memilih shared hosting, dengan kapasitas space diatas 1 GB setahun. Mengapa saya sarankan demikian ? Ini berdasarkan ilmu pengalaman saja, kebanyakan pemain baru sudah investasi yang besar di toko onlinenya tetapi akhirnya tidak begitu laris alias tidak laku.

  • Budget/Dana

Nah, setelah anda memahami jenis kebutuhan anda. Berikutnya, cek dari sisi pendanaan atau budget di perusahaan/instansi anda ataupun kantong pribadi anda.  Mahal belum tentu bagus demikian juga murah belum tentu jelek. Tetapi lazimnya harga mahal akan sebanding dengan kualitas,

Untuk Anda yang menginginkan kwalitas hosting yang baik dan dana yang mencukupi, minimal anda bisa menggunakan layanan cloud hosting. Tetapi bila dana cekak alias minimalis sebaiknya memilih shared hosting. 

Bagi instansi pemerintah atau swasta yang  membutuhkan data yang besar plus keamanan data yang perlu dijaga, pilihan Colocation Server minimal Dedicated Server bisa dipertimbangkan. Tentu saja dana anda akan menjadi sangat besar tetapi akan berbanding lurus dengan nilai manfaatnya. Artinya biaya yang dikeluarkan seimbang benefit atau keuntungan yang didapatkan.

Insya Allah, saya akan mengulas secara mendalam tentang mekanisme perhitungan pembiayaan untuk jasa layanan hosting. Sabar yaaa…

  • Dukungan Layanan Hosting

Ya, yang paling penting lagi bagi Anda yang ingin menyewa layanan hosting adalah pengelolaan hosting anda. Ada 2 pilihan dalam pengelolaan hosting anda nanti :

    • Managed Hosting

Layanan ini memberikan keutamaan bagi anda untuk diberikan technical support atau bantuan teknis apalagi anda mengalami kendala. Biasanya untuk layanan Managed hosting ini anda akan dikenakan biaya khusus diluar layanan hosting.

Bagi anda yang memilih layanan ini, biasanya anda akan disupport secara khusus dan penanganan lebih cepat apabila mengalami kendala dalam pengelolaan layanan hosting anda. Meskipun demikian Penyedia Layanan Hosting tetap memberikan support standart melalui tiket bagi anda meskipun tidak memilih layanan managed hosting ini.

    • Unmanaged Hosting/Mandiri

Pengertian Unmanaged Hosting ini anda tetap didukung oleh penyedia layanan hosting melalui tiket namun berkaitan dengan teknis pengelolaan layanan hosting anda tidak mendapatkan support sama sekali apabila mengalami kendala instalasi atau kendala teknis lainnya.

Umumnya layanan ini ditawarkan kepada pihak yang menyewa VPS maupun Dedicated Server, karena unmanaged hosting ini pelanggan dianggap mampu mengelola layanan tersebut sendiri. Jangan kawatir penyedia Layanan Hosting tetap memberikan dukungan terbatas kok.

IV. Kesimpulan

Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan hosting memperhatikan dan memahami apa itu hosting, dan aneka jenis layanan hosting perlu anda perhatikan sebelum memilih layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Memperhatikan jenis kebutuhan anda saat ini, pendanaan dan dukungan layanan hosting akan membantu anda untuk memilih layanan yang sesuai. Jangan takut untuk bertanya dengan pihak penyedia layanan hosting. Toh, anda membayar kepada mereka….

Salam online selalu…!

Nantikan panduan Tips memilih penyedia layanan hosting yang terpercaya.

Tags: , , ,
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon maaf anda tidak diijinkan mengcopy artikel ini.